10:58 AM | Author: Alicia Komputer

1.1. Lokasi dan Ruang Lingkup

Objek penelitian yang diambil adalah Kantor Cabang Ciputat Perum Pegadaian, yang berlokasi di Jl.Ir H. Juanda No. 61 Tangerang Banten 15411, Tangerang.

Penelitian ini dibatasi hanya pada masalah perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 terhadap karyawan tetap yang bekerja pada perusahaan tersebut untuk masa pajak tahun 2006.

3.2. Metode Pengumpulan Data

Dalam penelitian deskriftif ini penulis melakukan penelitian untuk memperoleh data-data yang diperlukan dengan metode:

1. Penelitian Kepustakaan (Library Research)

Penelitian Kepustakaan yaitu usaha yang dilakukan oleh penulis dengan mengunjungi perpustakaan untuk memperoleh data-data sekunder yang diperlukan dengan cara membaca buku-buku literatur mengenai perpajakan, khususnya PPh Pasal 21, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri Keuangan, Keputusan Direktur Jendral Pajak, Surat Edaran Direktur Jendral Pajak, serta majalah dan jurnal perpajakan kemudian mempelajari, menelaah, dan menganalisis sumber kepustakaan tersebut sebagai penunjang dalam penulisan skripsi sebagai dasar perbandingan antara teori yang relevan dengan praktik yang terjadi dalam operasi perusahaan.

2. Penelitian Lapangan (Field Research)

Penelitian Lapangan yaitu usaha yang dilakukan penulis dalam rangka memperoleh data primer dan sekunder dengan pihak-pihak yang dapat memberikan informasi mengenai penelitian ini diantaranya dengan:

a. Wawancara, yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab langsung kepada pihak yang berkaitan dengan penelitian ini.

b. Observasi, yaitu teknik pengumpulan data dimana penelitian dilakukan secara langsung oleh penulis pada objek penelitian untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata dalam pembahasan masalah ini.

3. Dokumentasi (Dokumentation)

Dokumentasi adalah penelitian yang dilakukan dengan cara menelaah atas dokumen-dokumen yang terkait dalam hal perhitungan pajak penghasilan Pasal 21 pada Kantor Cabang Ciputat Perum Pegadaian. Dokumen ini berupa SPT Tahunan, beserta SSP-nya, SPT Masa beserta SSP-nya, profil perusahaan, daftar gaji karyawan, serta dokumen-dokumen lain yang terkait.

1.3. Metode Analisis Data

Dalam penelitian ini penulis menganalisis dan mengumpulkan data dengan menggunakan metode deskriftif kuantitatif dan bersifat studi kasus pada Perum Pegadaian Cabang Ciputat. Data-data yang penulis kumpulkan dari penelitian langsung maupun literatur akan dijabarkan melalui analisis guna memperoleh jawaban atas rumusan yang ada.

Menurut M. Iqbal Hasan (2002:65) Analisis Kuantitatif lebih berdasarkan pada data yang dapat dihitung untuk menghasilkan penaksiran kuantitatif yang kokoh. Analisis ini dilakukan untuk memperoleh gambaran yang nyata mengenai perhitungan, pemotongan dan pembayaran Pajak Penghasilan Pasal 21 dari perusahaan melalui data-data mengenai gaji, tunjangan yang berlaku diperusahaan kemudian mengujinya dengan perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 yang berlaku.

Related Posts by Categories



Category: |
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 comments:

On July 25, 2009 at 6:09 PM , Anonymous said...

harusnya...semua pada bersyukur...ada contoh proposal penelitian...toh artikel jg ga lengkap (full skripsi) knp marah? he he he...aku yakin yg bikin jg dapat jiplak alias cari di internet, jg ga mungkin semuanya dari pikirannya sendiri....Pada ngaca semua...aku dukung buat yg punya blog ini supaya contoh2 skripsi d perbanyak, menurut aku lebih bermanfaat...Salam kenal By. Mr.Hack Jack..

kl yg ada macem2 aku yg paling Bela yg punya blog ini...