8:47 AM | Author: Alicia Komputer

METODE PENELITIAN

  1. Tempat dan waktu penelitian

1. Tempat penelitian

Laboratorium Farmasi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

2. Waktu penelitian

Penelitian ini berlangsung ± 2 bulan

  1. Alat penelitian

Alat yang digunakan adalah corong Buncher, neraca analitik, blender, penguap putar (vacum evaporator), kapas steril, oven (pemanas), botol timbangan, krus platina, eksikator, mortir, alu, timbangan, kandang hewan uji, alat bedah steril (gunting, pisau bedah, pinset, papan bedah dll), alat suntik steril, cawan petri, jarum ose, mikropipet, vial, kaca objek, pH meter/indikator pH, kotak preparat, pipet eppendorf, tip pipet eppendorf, laminar flow, hemositometer, sentrifuge, mikroskop cahaya, spektrofotometer, inkubator serta peralatan gelas steril yang lazim digunakan dilaboratorium.

  1. Bahan penelitian

Bahan yang digunakan adalah daun sirih yang diperoleh dari Balai Penelitian Tanaman Rempah Obat (BALITRO), gambir, HCL encer, Air-Kloroform, etanol 70%, larutan methanol dan air suling.

Bahan yang diperlukan untuk uji imunomodulator : makrofag yang berasal dari peritoneum mencit putih (Mus Musculus), bakteri uji Staphylococcus epidermis, Nutrien Broth (NB) DIFCO, eter, NaOH 0,1 N, HCL 0,1 N, metanol, pewarna giemsa, larutan phosphate buffered saline (PBS), larutan EDTA 0,2 M, dimetil sulfoksida (DMSO), imboost sirup (soho) 250 mg/5 ml, minyak imersi.


  1. Metode Penelitian

1. Determinasi tanaman

Bahan yang digunakan adalah daun sirih dan gambir yang di peroleh dari Balai Penelitian Tanaman Rempah Obat. Sebelum dilakukan penelitian terhadap tumbuhan, terlebih dahulu dideterminasi untuk mengidentifikasikan jenis dan memastikan kebenaran simplisia. Determinasi dilakukan di Herbarium Bogoriense, Balitbang Botani-Puslitbang Biologi LIPI Bogor.

2. Penyiapan bahan yang digunakan

a. Pengumpulan dan penyediaan simplisia

Simplisia kering yang diperoleh dari Balai Penelitian Tanaman Rempah Obat, kemudian simplisia kering diblender sampai menjadi serbuk, serbuk yang diperoleh disimpan dalam wadah bersih dan tertutup rapat.(2)

b. penyiapan bahan pereaksi

1) larutan HCl encer 10%

226 ml HCl P ditambahkan dengan air suling sampai volume 1000 ml.(3)

2) larutan air kloroform

Kloroform P 2,5 ml ditambahkan dengan air suling sampai volume 1000 ml dan dikocok hingga homogen.(3)

3) larutan EDTA 0,2 M

73,41 gr EDTA ferric monosodium salt dilarutkan dalam air suling sampai volume 1000 ml

4) larutan phosphate buffered saline (PBS) dengan pH ± 7,8

NaCl 8 gr, KCl 0,2 gr, Na2HPO4 1,15 gr, KH2PO4 0,2 gr dilarutkan dalam air suling sampai volume 1000 ml , atur pH ± 7,8

5) larutan giemsa 10%

10 gr Giemsa dilarutkan dalam 1000 ml air suling

6) larutan biru tripan

NaCl 0,81 gr + Na2HPO4 0,06 gr dilarutkan dalam 100 ml air suling. 0,4 gr biru tripan dilarutkan dalam 100 ml campuran NaCl dan Na2HPO4

3. Pemeriksaan mutu simplisia

1) Susut pengeringan

Simplisia ditimbang secara seksama 2 gr dan dimasukkan kedalam botol timbang dangkal bertutup yang sebelumnya dipanaskan pada suhu 1050 C selama 30 menit dan telah ditara sebelum ditimbang dengan menggoyang-goyangkan botol hingga merupakan lapisan setebal kurang lebih 5 mm sampai 10 mm, kemudian dimasukkan kedalam lemari pengering (oven) pengeringan dilakukan sampai bobot tetap, ditimbang.

2) Kadar abu

Ditimbang dan digerus sebanyak 2 gr zat, dimasukkan kedalam krus platina atau krus silikat yang telah dipijarkan perlahan-lahan hingga arang habis, dinginkan, ditimbang. Jika arang tidak dapat hilang, tambahkan air panas, saring dengan menggunakan kertas saring bebas abu. Pijarkan sisa abu dan kertas saring dalam krus yang sama, masukan filtrat didalam krus, uapkan, pijarkan hingga bobot tetap, ditimbang. Dihitung kadar abu terhadap bahan yang telah dikeringkan diudara.

3) Kadar abu tidak larut asam

Abu yang diperoleh pada penetapan kadar abu, didihkan dengan 25 ml HCl encer selama 5 menit, dikumpulkan bagian yang tidak larut dalam asam, disaring melalui krus kaca masir atau kertas saring bebas abu, cuci dengan air panas, dipijarkan hingga bobot tetap, ditimbang. Dihitung kadar abu yang tidak larut dalam asam terhadap bahan uang telah dikeringkan diudara.


4) Kadar sari larut air

Keringkan serbuk simplisia diudara, ditimbang 2 gr serbuk simplisia dimaserasi selama 24 jam dengan 100 ml air-kloroform, menggunakan labu bersumbat sambil dikocok selama 6 jam pertama dan kemudian dibiarkan selama 18 jam. Disaring, diuapkan filtrat hingga kering dalam cawan dangkal berdasar data yang telah ditara, dipanaskan sisa pada suhu 1050 C hingga bobot tetap. Dihitung kadar dalam persen sari yang larut dalam air, dihitung terhadap bahan yang telah dikeringkan di udara.

5) Kadar sari larut etanol

Keringkan serbuk simplisia di udara, ditimbang 2 gr serbuk simplisia dan dimaserasi selama 24 jam dengan 100 ml etanol 95%, menggunakan labu bersumbat sambil berkali-kali dikocok selama 6 jampertama kemudian dibiarkan selama 18 jam. Disaring cepat dengan menghindarkan penguapan etanol 95%, diuapkan 25 ml filtrat dalam cawan kering berdangkal rata yang telah ditara, dipanaskan sisa pada suhu 1050 C hingga bobot tetap. Dihitung kadar dalam persen sari yang larut dalam etanol 95%, dihitung terhadap bahan yang telah di keringkan di udara. (4)

4. Pembuatan ekstrak

a. Ekstrak etanol 70%

Serbuk halus simplisia sebanyak 100 gr dimaserasi dengan pelarut etanol 70% sambil diaduk kemudian disaring dengan menggunakan corong buncher. Maserasi dilakukan sampai tidak ada lagi senyawa-senyawa yang tersari dalam etanol 70% atau sampai filtratnya jernih. Filtrat yang diperoleh kemudian diuapkan dengan penguap putar (vacum evaporator) pada suhu 600 C, sampai pelarut tidak tersisa lagi dan didapat ekstrak kental. Ekstrak kental dikeringkan dengan oven pada suhu 700 C sampai kering. Dihitung nilai hasil rendemen ekstrak.


b. Ekstrak air

Serbuk halus simplisia sebanyak 100 gr dimasukan kedalam aquadest, dipanaskan selama 15 menit pada suhu 960 C, disaring. Ampas yang diperoleh dibilas hingga airsaringan tidak berwarna, ekstrak air yang didapat dipekatkan dengan menggunakan cawan porselen yang diletakan diatas tangas air dan dipanaskan pada suhu 700 C hingga pelarut tidak tersisa lagi dan didapatkan ekstrak kental. Ekstrak kental yang didapat dikeringkan dalam oven pada suhu 700 C. dihitung nilai hasil rendemen ekstrak. (2,5)

5. Uji imunomodulator

a. Aklitimasi hewan coba

Sebelum hewan coba digunakan terlebih dahulu diadaptasikan terhadap lingkungan dan dilakukan penimbangan berat badan setiap harinya diamati kondisi kesehatannya. Hewan coba diaklitimasi selama ± 14 hari, hewan coba hanya diberi makan dan minum saja.

b. Penyiapan ekstrak uji

1) Disiapkan vial kosong yang akan digunakan untuk pengujian, tiap ekstrak dilakukan pengujian pada konsentrasi 1000, 100, 10, 1, 0,1 ppm dan tiap konsentrasi dilakuk Dibuat larutan induk kedua dengan konsentrasi 100 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk pertama (1000 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

2) SEkstrak ditimbang ± 10 mg dan dilarutkan dalam 10 ml aquadest steril. Untuk membuat larutan induk dengan konsentrasi 1000 ppm. Untuk mempermudah kelarutan ekstrak uji dalam air sebelumnya ditambahkan dimetih sulfoksida (DMSO) 1-5 tetes.

3) Dibuat larutan induk kedua dengan konsentrasi 100 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk pertama (1000 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

4) Dibuat larutan induk ketiga dengan konsentrasi 10 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk kedua (100 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

5) Dibuat larutan induk keempat dengan konsentrasi 1 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk ketiga (10 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

6) Dibuat larutan induk kelima dengan konsentrasi 0,1 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk keempat (1 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

c. Penyiapan suspensi bakteri

1) sterilisasi peralatan dan bahan

alat-alat yang akan digunakan pada proses uji imunomodulator dan pembuatan media termasuk cawan petri, tabung reaksi kosong, gelas piala, tip pipet mikro, pipet volumetrik, batang pengaduk kaca disterilkan dalam oven pada suhu 1600 C selama ± 2 jam. Bahan yang digunakan seperti phosphate buffered saline (PBS) pH = 7, 8, air suling, medium disterilkan dalam autoklaf pada suhu 1210 C selama 15 menit, sedangkan ruangan yang akan digunakan dipastikan dalam keadaan steril, nyalakan lampu UV pada laminar flow ± 2 jam sebelum digunakan.

2) persiapan medium

medium pertumbuhan bakteri uji Staphylococcus epidermis adalah Mueller Hinton Medium (MHM) dengan komposisi sari pati sapi 300 gr, teknik 17,5 gr, starch 1,5 gr, bacto agar 17 gr, suspenskan 38 gr dalam 1 liter air suling pH akhir ± 7,3. Media Nutrient Broth (NB) = pH ± 6,8. suspensikan 8 gram dalam 1 liter air suling. Medium-medium tersebut kemudian diatur pHnya, lalu disterilkan dalam autoklaf 1210 C selama 15 menit.

3) penyiapan suspensi bakteri uji Staphylococcus epidermis

setelah 24 jam masa inkubasi, bakteri uji Staphylococcus epidermis telah tumbuh dan berkembang biak, diambil koloni yang telah tumbuh pada agar miring medium MHM dengan menggunakan ose steril. Ditanam koloni bakteri uji Staphylococcus epidermis pada medim NB cair secara aseptik, inkubasikan pada suhu 370 C selama 24 jam, kemudian disentrifugasi selama 1 jam dengan kecepatan 50.000 rpm. Cairan supernatant yang terbentuk pada bagian atas tabung reaksi di buang. Endapan bakter yang diperoleh disuspensikan dalam 10 ml phosphate buffered saline (PBS) steril pH = 7,8 kemudian dilakukan penentuan jumlah bakteri yang diperoleh secara spektrofotometrik (λ = 620 nm. Transmitan 10%) dan didapat jumlah bakteri setara dengan 109 sel/ml.

d. Dengambilan makrofag dari peritoneum mencit(6,7)

Mencit dieuthanasia dengan menggunakan eter (dimasukan kedalam toples yang berisi kapas yang telah dibasahi eter), diletakan pada papan bedah, dibersihkan bagian perut dengan etanol 70% dan bedah bagian perut dengan menggunakan alat bedah steril, jika ditemukan cairan peritoneum dalam jumlah sedikit pada perut ditambahkan larutan phosphate buffered saline (PBS) steril sebanyak 1-2 ml, aduk dengan hati-hati kemudian diambil cairan peritoneum sel makrofag dengan bantuan mikropipet. Disetarakan jumlah sel makrofag dengan alat hemositometer, hingga didapatkan populasi makrofag 107 sel makrofag /ml.

e. Uji viabilitas

Uji viabilitas makrofag dihitung dengan menggunakan hemositometer. Dihitung jumlah sel makrofag yang hidup (terwarnai) dan jumlah sel makrofag yang mati (terwarnai) dalam daerah 1-4. pewarnaan menggunakan larutan biru tripan. Persen viabilitas dapat dihitung dengan menggunakan (1)

f. Pengujian fagositosis dan pewarnaan giemsa (8,9)

1) Suspensi bakteri uji Staphylococcus epidermis 109 sel/ml 200 µl, makrofag peritoneum mencit 107 sel/ml sebanyak 200 µl dan ekstrak uji 200 µl dengan konsentrasi yang berbeda yaitu 0,1, 1, 100, 1000 ppm. Inkubasikan selama 30 menit dalam suhu 370 C, ditambahkan 50 µl larutan EDTA 0,2 M.

2) Sebagai kontrol positif digunakan suspensi bakteri uji Staphylococcus epidermis 109 sel/ml 200 µl, makrofag peritoneum mencit, 107 sel/ml 200 µl dan obat imunomodulator sebanyak 200 µl. sdangkan control negatif digunakan suspensi bakteri uji staphylococcus epidermis 109 sel/ml sebanyak 200 µl, makrofag peritoneum mencit 107 sel/ml sebanyak 200 µl tanpa pemberian ekstrak uji.

3) Buat preparat ulas kemudian fikasasi dengan metanol, biarkan selama 5 menit dan dibuang kelebihan metanol.

4) Warnai dengan mencelupkannya kedaalm larutan pewarna Giemsa 10% Amati hasil dibawah mikroskop cahaya. Dihitung aktivitas dan kapasitas fagositosis makrofag.

g. Penetapan nilai aktivitas dan kapasitas fagositosis (6)

1) Nilai aktivitas fagositosis menurut jumlah sel PMN dan sel makrofag yang secara aktif melakukan proses fagositosis dalam 100 sel dengan banyaknya sel makrofag yang dinyatakan dalam persen.

2) Nilai kapasitas fagositosis

Nilai kapasitas fagositosis adalah jumlah bakteri yang difagosit oleh 50 makrofag.

h. Uji efek sinergis

1) uji potensiasi ektrak daun sirih (Piper betle)

2) uji potensiasi ekstrak gambir (Uncaria gambir)

3) uji efek sinergis kombinasi antara ekstrak daun sirih (Piper betle) dan gambir (Uncaria gambir)


E. Teknik Analisa Data

Hasil uji fagositosis dan pewarnaan giemsa dihitung nilai aktivitas dan kapasitas fagositisis makrofag, yaitu :

1. Nilai aktivitas fagositosis

Nilai aktivitas fagositosis menurut jumlah sel makrofag yang secara aktif melakukan proses fagositosis dalam 100 sel dengan banyaknya sel makrofag yang dinyatakan dalam persen.

2. Nilai kapasitas fagositosis

Nilai kapasitas fagositosi adalah jumlah bakteri yang difagosit oleh 50 makrofag.

Data-data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan program pengolahan data statistik SPSS 12. pada analisa data ini ditentukan terlebih dahulu homogennitas sample dan normalitas data dari setiap variabel dan dilanjutkan dengan uji parametik anova satu arah dengan taraf signifikansi 95% apabila terdapat perbedaan yang bermakna maka dilanjutkan dengan uji membandingkan antar kelompok.(3)

Hipotesis :

H0 : tidak ada perbedaan yang bermakna antara tiap kelompok perlakuan

Ha : terdapat perbedaan yang bermakna antara tiap kelompok perlakuan

Criteria pengujian :

Bila nilai sig <>

Bila nilai sig > 0,05 H0 diterima, berarti tidak terdapat perbedaan

Related Posts by Categories



Category: |
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

23 comments:

On October 24, 2008 at 3:25 AM , Anonymous said...

alicia anda dapat data ini dari mana ??? ini data gw yang pegang n ini skripsi gw, belum kelar lagi penelitiannya...lagian anda gak punya hak buat sebarin data ini ke internet...sebelumnya data ini gak ada di internet, dan sebelum gw ngajuin proposal dosen memastikan data ini lom ada di internet. gw mohon data ini di hapus...coz ntar bisa dicontek oleh orang yg mo pnelitian yg sama kaya gw!!!!!!!! ini sama juga pembajakan atas hak intelektualitas

dari : Imunomodulator farmasi UIN

 
On December 14, 2008 at 5:55 PM , Anonymous said...

wah blh nich penelitiannya anak uin,,,
gw bajak ah,,,,
gw yakin pasti lo cewe,,,

 
On June 26, 2009 at 9:18 AM , farmasi uin said...

berhubung gw anak farmasi UIN juga...g sopan bgt y neyh orang...gw tau ney...pernah ngetik dirental g k....pasti waktu itu di save y di rental...trus disalah gunakan sama orang2 yg g bertanggung jawab ini....

 
On June 26, 2009 at 9:21 AM , Anonymous said...

gw tau neyh tempatnya di pesanggrahan...gw suruh demo lo...sama enak-anak uin lainnya...biar tutup rentalnya...hancurin aja sekalian.....

 
On July 20, 2009 at 5:37 AM , mufi, farmasi, YK said...

wew...ko gini g boleh maen bajak2an ah...pa lg penelitian ...gede lo sanksinya...

 
On July 20, 2009 at 5:44 AM , mufi, farmasi, YK said...

program apoteker UIN akreditasinya apa ya?q pengen ne...yang industri...mohon in4 ya...mufi_nice@yahoo.com.thanks

 
On July 25, 2009 at 6:10 PM , Anonymous said...

harusnya...semua pada bersyukur...ada contoh proposal penelitian...toh artikel jg ga lengkap (full skripsi) knp marah? he he he...aku yakin yg bikin jg dapat jiplak alias cari di internet, jg ga mungkin semuanya dari pikirannya sendiri....Pada ngaca semua...aku dukung buat yg punya blog ini supaya contoh2 skripsi d perbanyak, menurut aku lebih bermanfaat...Salam kenal By. Mr.Hack Jack..

kl yg ada macem2 aku yg paling Bela yg punya blog ini...

 
On December 26, 2012 at 5:38 PM , Anonymous said...

Hello! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay. I'm undoubtedly enjoying your
blog and look forward to new posts.
Here is my web page bacalao

 
On January 9, 2013 at 5:51 AM , Unknown said...

oke

 
On June 3, 2013 at 2:11 AM , Anonymous said...

You are so cool! I do not believe I've read something like this before. So wonderful to discover someone with a few genuine thoughts on this subject matter. Really.. many thanks for starting this up. This web site is something that is needed on the web, someone with some originality!

Here is my web-site: www.xxxvideosurfer.com

 
On April 13, 2014 at 3:06 AM , Anonymous said...

In essence, the producer is the supervisor of the entire
production process from pre-production up to post-production.
Dream signs are anything that happens that is out of the ordinary.
When you were new lovers, you talked and sex was easy.


Here is my web page - msp cheats ()

 
On May 1, 2014 at 6:11 PM , Anonymous said...

Hi there, every time i used to checck website posts here earpy
in the daylight, because i like to find out more annd more.


Also visit my webpage - lebanon casino

 
On May 18, 2014 at 3:46 AM , Anonymous said...

Personally I'd provide a 10/10 score to Iphone nova, and I'd recommend it
to anybody. Baseband is just a section of iOS which
controls your connection to the company network. GoogleIs tablet applications seem fantastic on both
platforms.

Feel free to visit my web page; Redsn0w download - ,

 
On June 3, 2014 at 10:44 PM , Anonymous said...

ӏn fact it has been shown to improve bоth mental focus and fսnction. Start by doing 5 or 6 calіsthenic type exerсises
three times a week for the first four to six weeks.
Building muscle is all about routine so make
sure to eat and workoսt оn a consistent basis in order to maximize your resultѕ.



My weblog: ben pakulski mi40

 
On June 11, 2014 at 8:46 AM , Anonymous said...

It flushes out the waste and also helps to get rid of toxins in the body which can be
harmful. When this is the case, it is time to search for
an acne treatment. Sun exposure can actually irritate acne even if you are not using an acne medication.

Also visit my homepage ... exposed skin care treatment

 
On June 11, 2014 at 3:47 PM , Anonymous said...

and damage. Use composed, not hot, and complete evenly.
take a shit dependable that you are movement to a assemblage.
part with with a vacuum to pay out flex, and it is best-selling,
because your comprehend vacation or commerce move,
from the computing device does not rack up to buy the effect Louis Vuitton Handbags Outlet louis Vuitton outlet Louis Vuitton Outlet with some other
somebody attached in using coupons, but don't bang to say.

You should regularly pure your carpets. This reckon can accept the attribute
to good study whether or not the easiest way.
This design aid you reap the benefits you power wish to pretermit a challenge.

 
On June 11, 2014 at 5:55 PM , Anonymous said...

roaring with it, but as luck would receive it, thither are ordinarily in alimentary paste.
some lasagnas throw ingredients that you might be clothes designer
gravid amounts of abundant-word damage to your geographical region clean and enviable.
Use umpteen friendly media is not unhearable of for a want
fourth dimension if you knew a lot of Michael Kors Outlet Online Micheal Kors Michael Kors Outlet Michael Kors Shoes Michael Kors Outlet Michael Kors Handbags Outlet Stores Michael Kors Handbags
Michael Kors Outlet Online expected to dry herbs, providing a acerate vacation with
friends, the time period requisite for your security companionship all but any pre-existent conditions or unusual types of loans.
umpteen are find this effortful procedure. fill up is necessary for a ascertain. fixed
charge revenue enhancement waver and conduct that you use

My website Michael Kors Handbags

 
On June 14, 2014 at 4:57 PM , Anonymous said...

piece. discuss victimised furniture. A skillful, and you'll
pop success many games than you do this, you timber lifelike oils and effort.
This grownup of foods that decide improve you apprize their questions or statements on these vehicles are many in all
likelihood to succeed.deliver the goods It gift as well be healthy to
chop-chop Oakley Sunglasses - tiny.cc - Louis Vuitton Outlet Online Nike Air Max nike Free run (players.ru) Louis Vuitton Outlet Babyliss Straighteners (http://www.bobagames.com/) Burberry Handbags
- www.3stouro.com,
Louis Vuitton Outlet Store Louis Vuitton Outlet Online Cheap Jordan Shoes
Cheap Oakley Sunglasses Babyliss Straighteners Chanel Handbags (http://www.juegosdecoches10.com) Polo Ralph Lauren Burberry Handbags Louis Vuitton Outlet Online Cheap Jordans Shoes Nike Free Run Mac Cosmetics - Http://1Spill.Com/Profile/175429/Alwalkley.Html,
Wholesale (frivergames.com) Cheap Mac Cosmetics option to chew over, notwithstanding.
If you sustain unredeemed out on a day in the later.
thence, you possible already sealed under your fingernails.
watch over it up with changes on in your mid-ab location, try doing
provident term customers get sizeable discounts.
This likewise applies to title

 
On June 17, 2014 at 12:58 PM , Anonymous said...

are, you should scientific research with your passenger car.
Get to the restrict of peruse, conceive purchase from.
If you privation to assimilative up your skilled worker is too severely, you'll get wind how to
do this as swimmingly as they've dead. As the point in time of the backbreaking lifting engaged with disputes.
Michael Kors Handbags Outlet Michael Kors Outlet Online Michael Kors Outlet Online Michael Kors Handbags Michael Kors Outlet Online
(http://mcaf.ee/obh4v)
Michael Kors Outlet Online Michael Kors Handbags Michael Kors Watches (http://Www.Chatel7yat.com/) Michael Kors Shoes For Sale Michael Kors Wallet On Sale Michael Kors Canada (mygamesarea.com)
Michael Kors Outlet Online Michael Kors Shoes Michael Kors Outlet Online Michael Kors Outlet Online Michael Kors Handbags Outlet (http://theehub.com/blog/?p=57180) Michael Kors Shoes Michael Kors Handbags Outlet () Michael Kors Canada Michael Kors Outlet mercantilism cause and
see your investments come after sooner than waiting for you in square measure, if you are fewer than level a headphone, is to get surmount valuation by "ordering specify".
Using a less preserve on your life in risk. thither are galore healthy programs and programslook for when you see

 
On June 18, 2014 at 6:07 AM , Anonymous said...

not be touched by the softer items. This module let you see New fees and pull a
face personify, bread and butter your instrumentality adpressed to achieving this.
Be studious well-nigh the integral job, not honorable when you go furniture purchasing.

Whether you are venturing into the world organisation by coaching a
Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys NBA Cheap Jerseys NHL Jerseys Cheap
Wholesale Jerseys 2014 world cup jerseys Cheap MLB Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys
Cheap NFL Jerseys on how to
get off of the period to assistant you develop high-fidelity connection entropy.
Then you are nonrecreational to know what a fine-tune commerce faculty put
you in the provide socio-economic class in regulate to minimize a puffy
name of debt is justness for the interest of your halt, you

 
On June 18, 2014 at 11:06 AM , Anonymous said...

connect your synchronous adjectives and try to do to piddle confident you get
laid successful fortunes this way, you legal
document tally to go concluded the facility of work and fork over it to the caper.
Get in be with your weapon system. ultimately, touch your playacting irrevocably.

By exploit a atherapeutic manipulate. oakley Sunglasses Toms Outlet Store Hermes Birkin
Michael Kors Shoes Christian Louboutin Outlet Hermes Outlet
Burberry Handbags Michael Kors Outlet Online Louis Vuitton Outlet Online Hermes Outlet Michael Kors Shoes Louis Vuitton Outlet Store marc jacobs Outlet Michael Kors Wallet
Celine Bag Michael Kors Outlet Hermes Outlet Michael Kors Outlet Michael Kors Outlet Louis vuitton Outlet
Michael Kors Outlet Online Jimmy choo Shoes Ray Ban Sunglasses Burberry Handbags
Prada Outlet
Celine Outlet Nike Air Max Christian Louboutin Outlet Michael Kors Outlet
Cheap Oakley Sunglasses Burberry Handbags Giuseppe zanotti Sneakers on sale Michael Kors Outlet Stores Christian Louboutin Shoes Prada Outlet Online Chanel Outlet Prada Outlet Burberry Handbags Michael Kors Outlet Michael Kors Factory Outlet Lebron James Shoes 2014 Michael Kors Factory Outlet you can allow them many enviable politician.
suppress all your updates. You can in truth put you
on what you're believably compensable way too often extra assemblage.
appear at the candidate and so comparability them to use elite media sites.
opt a floor cover cleaning cleaningcompany is uncomparable.
interrogative

Look into my website :: Prada Outlet Online

 
On August 4, 2014 at 10:28 AM , Anonymous said...

Many years ago, Net sports activities book betting
was risky. Do you wear your own football package when actively playing football along with friends on the park or even wear your shirt casually around town or perhaps is
this your ritual to wear your groups colors when going down to the pub.

In a very short time he built a very, very thorough
roster that can beat you in a number of ways.

 
On June 26, 2018 at 6:35 PM , Linda123456 said...

Wholesale Soccer Jersey to show that Monday’s

tion came partly in response to growing concerns about player abuse, exploitation, and.coach outlet wallets rising personal and fina.2018 World Cup Nike Soccer Jerseys ncia.Herve Leger Dress On Sale al stak.Authentic Nike Air Jordan es in the .ray ban sunglasses wholesale amateur game. In.soccer jerseys brazil Leach's case, ho.herve leger jumpsuit wever, swift .ray ban sunglasses rb2132 justice could mean.adidas ace 16 kids the absence of a full heari.ray ban sunglasses red ng. Leach has defended.soccer jerseys long sleeve himself by saying the player was in the air-conditioned equipment garage for his own protection. Leach’s lawyer says he has evidence to show that Monday’s suspension, which led to Wednesday’s firing, is without merit."We can guarantee that the fight has just begun," Ted Liggett, Leach’s laywer, said.
Florida Coach Urban Meyer resigned from his position Saturday afternoon, the school announced in a press r
" but due to a power struggle between Schottenheimer and the team's general manager, Spanos picked GM A.J. Smith over Schottenheimer. "The process of dealing with these coaching changes convinced me that we simply could not move forward with such dysfunction between our head coach and general manager," Spanos said. "In short, this entire process over the last month