9:29 AM | Author: Alicia Komputer
Senter Eveready Tigo Batu
Diceritakan kembali oleh Drs. H. Hamdullah Salim

Sasudah musim ijok, di awa tahun 1950, panduduok Sulik Ayie sangek ramih. Dunie anak-anak sadang mancapai puncak kajayaan-nyo. Wakotu itu olun ado televisi, olun ado kaset rekaman nyanyi-nyanyi untuok hiburan dan parintang-rintang hati di rumah. Nan punyo radio pun, baru ciek jo duo. Kalau indak sakolah SR, mangaji di surau, atau sakolah agomo di PSA di Gando, jarang anak-anak nan nomuo tingga di rumah. Sadang anak-anak padusi nemang lobieh banyak barado di rumah mambantu mandeh. Parmainan mareka pun indak banyak, nan paliang banyak main simbang. Anak laki-laki jarang nan nomuo tingga di rumah, dicap sabagai pokieh induok. Lagi pulo, tingga di rumah tontu banyak disarayo dan disuruoh-suruoh. Di lua rumah, tasadio sagalo mocom parmainan.nan indak abi-abi e dari musim ka musim, dari wakotu ka wakotu. Ontah dari ma-a datang atau asa mulo parmainan-parmainan tu.

Sabagai contoh, pagi sabolun sakolah, mandi batunguok-tunguok di tangayie. Kalau ari Okek atau ari perai, malah basiram-siraman kosiek. Baronang sampai badan manggaretek, mato sirah sarupo mato sapek. Sia-a nan sudah dak ulu, disiram jo kosiek. Siang, sapulang sakolah dan makan siang: main kojai, main dama, potok lele, poi ma-adu ayam, dan sabagainyo. Sonjo poi malopeh olang-olang ka Balik Parik, Guok Muncuong, dan sabagainya. Atau main bal di Balai Lamo, di Koto Tuo, dan sabagainyo. Ado juo nan mamasang luka di tangayie, main remi di tompek-tompek nan tasuruok. Malam sasudah samboyang Isya: main galah, main tukak tekong, pokoknyo mocom-mocom. Ado parmainan nan barsifat olahraga manyehatkan tubuoh, baadu kacerdasan dan katrampilan ma-asah utak, namun ado juo nan baujuik partaruhan. Nan dipataruohkan, mulai dari kojai, dama, kaleriang, sampai-sampai sarang atau kotak pambungkui rokok. Pambungkui rokok, lobieh-lobieh rokok lua nagari saperti cap Tembak, ”double ace”, “Swan”, “Abdulla” , biaso e disaludupkan dari Singapura, diperlakukan sabagai barang mewah, dicium-cium karono baunyo memang harum bilo masieh baru, dan disobuik rokok lomak, inggo dianggap layak dipunyoi dan dipataruohkan.

Di antaro parmainan itu nan paliang babahayo adolah main bal, biasanyo antaro jorong nan ompek: Koto Godang, Koto Tuo, Silungkang dan Gando. Golak-manggolak an, ino maino, indak jarang bakasudahan jo main puok jangek, batenju-tenju dan dongkak mandongkak, lego pagai. Pangaruoh baru kalua dari rimbo di musim ijok, abih bagurila ma-adouik e Balando masieh taraso. Di antaro parmainan itu ado pulo main porang-porangan, maniru porang malawan Balando. Walau sampai bacokak dan batenju-tenju, lai pulo copek elok e. Copek bacokak atau bajawek-jawek en kecek, copek pulo elok e itulah anak-anak! Pangajian di surau ma-ajakan, indak sabuni atau ba-anak mandak indak bulieh lobieh dari tigo ari, godang doso e!


***

Kaki Buyuong Sobie-sobie masieh taraso sakik. Waktu main tukak tekong duo malam nan lalu, nan manjago tekong tampuruong adolah Sutan Kalifa. Sutan Kalifa mulai bosan mancari. La ampie abih tacari sagalon e, tibo-tibo ado lawan nan manyerbu sayak tampuruong e, indak satau inyo, inggo nan lain-lain manyuruok baliek. Timbuo kantuok dan maleh e mancari, kuok e pun manjadi. Timbuo pikiran jaek di bonak e. Nyo ambiek e batu dan dilatak an e di bawah sayak tampuruong tu. Diam-diam Sutan Kalifa pulang ka rumah, lolok bakalumun di ateh kopuok. Buyuong Sobie-sobie nan manyuruok di baliek endek, di balakang urang-urang nan sadang manumbuok padi, maliek sayak tampuruong tu indak dijago Sutan Kalifa, copek balari kancang ka sayak tampuruong tu dan mamokiek: serbuuuu!!! Sayak tampuruong nan baisi batu du nyo sipak e dengan koreh....

dan tapokiek dan lari takengkiang-kengkiang manahan sakik. Indak dapek nan kadisobuik berang ati e ka Sutan Kalifa nan bamain pangincik tu. Sutan Kalifa tamasuok kawan dokek e, baa mangko kini inyo nan mamboyie utang?

***

Sutan Kalifa balari tagogeh-gogeh manurun dari Surau Jambatan Bosi ka tangayie di bawah Titi. Dicari e batu nan batupang, sambie marosok-rosok sarupo urang buto kailangan tungkek. Ari nan kalomen piciek, ditambah pulo ujan rinai-rinai nan mulai jatuoh ciek-ciek, mambuek ati Sutan Kalifa manggaruneh. Sasudah dapek batu nan dicari e, copek dibukak e sarowah e dan duduok manonggok di batu tu. Dan kamudien tadongaan bunyi kacipak sakali, sarupo bunyi batu jatuoh ka dalam lubuok. Sutan Kalifa maelo ongok ”kalegaan”, sambie mangguluong rokok daun onou. Buang ayie godang sambie maisok rokok daun onou, sambie manikmati alunan ayie Batang Katialo di malam nan suni,......o alangkah lomak e, bak itu pikiran nan barsemi di dalam utak Sutan Kalifa. Tapi nan sakali o, Sutan Kalifa rupo e indak dapek manikmati buang ayie godang nan dipikiekaannyo tu.

Mandongaan bunyi kacipak sarupo batu jatouh di dalam lubuok nan cukuik koreh, Buyuong Sobie-sobie nan sadang maota jo Saik Maruhum di tongah Titi, ma-onti-en ota e, maliek ka bawah. Dari baju dan kain saruong nan dipakainyo, tahulah Buyuong Sobie-sobie dan Saik Maruhum, bahaso urang sadang tacirik, malopehkan hajat tu, adolah Sutan Kalifa. Buyuong Sobie-sobie tasonyum, ingek inyo kajadien duo malam nan lalu, nan sangek manyakikkan ati dan kaki tu. ”Nah, Sutan Kalifa, konco orek dan lawan koreh ambo, kini tarimo dan rasai pulo pambalasan dari ambo!”

Lambek-lambek dikaluaan- e senter Eveready tigo batu dari dalam kain saruoang e. Nyo senter e Sutan Kalifa nan sadang mambuang hajat godang tu, topek bona di tabuong ikuo e. Sutan Kalifa takojuik luar biaso, copek nyo tutuik e bagian nan mamalu++kan itu dengan kain saruong e, inggo mancocah ayie. Sutan Kalifa maengong ka balakang dan mancoliek kateh titi, mancari sia-a nan manyenter. Namun Buyuong Sobie-sobie indak mambori kasempatan. Sorotan senter kini bapindah ka kaduo mato Sutan Kalifa, nan nampak sirah manahan. Sutan Kalifa indak tahan manarimo cahayo senter nan damikian torang tu, inggo taposo ditutuik e jo kaduo tangan e.

”Iyo la kalerah maa...... Urang sadang tacirik disenter e. Sia-a nan manyenter tu du e? Lai ka wa-ang mati-en senter wa-ang indak?! Hanjiang godang......!!!!”

Buyuong Sobie-sobie nan Saik Maruhum payah manahan golak, mancoliek Sutan Kalifa kaca-kacai sarupo cigak dipaliek en pusuong . Kalau golak mareka sampai tabarai, tontu Sutan Kalifa tau sia-a nan mampaluan e tu. Senter Buyuong Sobie-sobie dengan tigo batu cap kuciang nan baru diboli e tadi pagi di kodai Buyuong Raman totop manyorot dengan tajam di kaduo mato Sutan Kalifa, nan mambuek inyo samakin silau dan indak badayo apo-apo. Apolagi inyo dalam posisi manonggok, sarowah saparoh tabukak, buang ayie godang baru dimulai, olun salosai. Taposo buang ayie ditorui-en juo sambie manyumpah-nyumpah:

”Ndeee iyo sajadi-e.....!!! Boruok...cigak...kondiek...jubili kompong... hantu baburuuuu!!! Nan kaditunguok on e la wa-ang dek hantu singeak-ngeak ka bawah, kok indak juo wa-ang mati-en senter wa-ang du!”

Sutan Kalifa torui barusaho mangataui jo kaduo mato e, sia-a kolah urang nan botuo-botuo kurang aja nan manyenter e du. Urang tu raso kaditimbang e jo induok kaki e. Tapi Buyuong Sobie-sobie botuo-botuo indak mambori kasempatan, hanyo dengan caro iko inyo bisa mambale en sakik ati dan kaki e duo malam nan lalu. Kama-a mato Sutan Kalifa bapindah ka ki-in pulo cahayo senter e manyorot, nan mambuek silau mato Sutan Kalifa, indak maliek apo-apo.

Sutan Kalifa mangguguo manahan berang, inyo diparmainkan sarupo paja ketek sirah. Karono indak mungkin bisa ditahan balamo-lamo, taposo nyo salosaikannyo dak ulu buang hajat e, walau di bawah pancaran senter tigo batu Buyuong Sobie-sobie nan tajam dan manyilaukan. Diam-diam Sutan Kalifa marosokkan tangan e ka dalam ayie, mancari-cari batu nan agak godang saketek. Batu nan dicari dapek, dengan bajogi dan sacopek kilek batu du dihumbankannyo ka teh titi, dari mano cahayo senter tu datang. Namun sayang, lemparan itu indak sampai, tahalang dek kobek pinggang sarowah e nan masieh takotuok, dan sarowah e pun tadongaan badoriek:........cabiek!

Makin tobik simabau Sutan Kalifa, inyo indak paduli dengan sarowah e nan cabiek. Copek dibasuo e ikuo-e, dikonak an-e sarowah nan cabiek tu, ka diburu e urang nan manyenter e tu kama-a pun, sampai dapek. Ari kalomen piciek, ujan rinai-rinai samakin banyak nan turun, iko rupo e indak disadari atau memang indak diambiek paduli dek urang-urang nan sadang tobik simabau sarupo Sutan Kalifa. Nyo balari sacopeknyo dan katiko mandaki jonjang batu Surau Jambatan Bosi, batumbuoklah iduong Sutan Kalifa nan bengkok sarupo iduong bangau jo kuduok Oji Gani Daud, nan rupo e ngak mambuang hajat pulo di tangayie, di bawah titi itu. Tumbuok an nan indak diarokkan itu tarjadi di anak jonjang nan katigo. Sutan Kalifa botuo-botuo banasib sial di malam ari tu. Akibat paraduon iduong dengan kuduok itu, Oji Gani Daud tadediang, tapi baliau dapek copek mandapek kasaimbangan dengan bapocik orek-orek ka tungkek e. Karono tangan mamocik tungkek, tangan nan mamocik lantera lopeh. Dan lantera e tu indak dapek disalamekkannyo, jatuoh baguliang ka bawah. Sadang Sutan Kalifa kontan tasisiruik dan jatuoh tatilontanng ka bawah, manggarutok manahan sakik. Raso sakik Sutan Kalifa samakin samparono mandongaan caci maki Oji Gani Daud:

Wa-ang iyo, urang mudo nan indak tau diuntuong! Ka inyak mancucuok e. La den bori bakode jo batuok-batuok ketek, balompu lantera lo li. Kini lompu lantera den la jatuoh, tu pocah kaco e, ulah parangai wa-ang nan mandudu-dudu, onta a-a nan dikoja di malam buto ko. Kalau ka tangayie balari copek dek karono tasosak ngak buang ayie biaso, pulang e bajalan lambek, itu nan biaso e. Ko baliek dari tangayie balari-lari, a iyo dak manarimo oka den do. Copek ang gonti lampu lantera den. Onam ratui sambilan puluoh baru den boli di Pokan Baru, pokan nan lalu ma!”

Annotasi:

  1. Buyuong Sobie-sobie; Buyuong = bujang, panggilan terhadap anak lelaki di Minang, kira-kira sama dg (Cah) Bagus atau Gus di Jawa. Anak lelaki yg (pernah) dibesarkan di Sulit Air, umumnya menerima nama formal (ssdah dilahirkan), nama (di dalam) pergaulan, gelar (tatkala dikawinkan) dan gelar datuk (bila diangkat jadi penghulu). Buyuong dan Bujang adalah nama panggilan dan pergaulan yg paling populer. Karena ratusan anak lelaki yg berpanggilan dmkn, maka untuk membedakan yg seorang dg yg lain, biasanya ada tambahannya yg terkait dg ciri atau sesuatu kejadian, spt Buyuong Sobie-sobie. Sobie = buah tasbih yg digunakan utk menghitung zikir yg tlh diucapkan. Sobie-sobie adalah suatu jenis pohon perdu yg banyak tumbuh di Sulit Air, daunnya hijau dan bunganya cantik kemerah-merahan, bijinya kecil-kecil (apakah pd masa dulu juga digunakan utk menghitung zikir ssdh shalat?).
  2. Musim ijok, ijok sebutan Minang utk hijrah = berpindah (ingat hijrah Nabi SAW dari Mekkah ke Medinah). Ijok =berpindahnya sbgn penduduk dari suatu kota atau nagari ke pedalaman (rimba), waktu Belanda melancarkan agressi di Ranah Minang (2 X), sebelum penyerahan kedaulatan RI pd 27-12-1949.
  3. Main simbang, salahsatu jenis permainan anak perempuan, dg melambung-lambungkan bola kasti sambil memungut batu (biji-bijian, manik, klereng atau neker) secara seimbang ke atas lalu ditangkap lagi.
  4. Pokieh Induok, secara harfiah berarti faqih (paham, pakar, ahli) menyangkut urusan keibuan; disindirkan kpd anak lelaki yg tak mau tidur di surau (pd masa dulu) dan/atau tak mau bermain bersama anak lelaki lainnya, lbh suka tinggal di rumah bersama mandeh dan sdr perempuannya, hingga banyak tahu urusan kewanitaan dan dapur.
  5. Main puok jangek = main kerupuk jangat (kulit kerbau), di tempat lain namanya main sore. Permainan sepakbola biasanya semakin lama semakin sengit, tidak jarang disertai insiden main sepak secara sembarangan atau serampangan, bukan bola yang disepak tapi bagian tubuh lawan (sengaja atau tidak sengaja). Ini sering terjadi menjelang permainan usai sebelum Maghrib datang (sore) di Lapangan Hijau Balai Lamo, di tahun 1950-an itu. Kerupuk jangek bila digoreng pada genangan minyak yang sangat panas di kuali, tentu cepat sekali menjadi besar dan mengeluarkan suara ribut yang tak karuan. Itulah suatu gambaran permainan sepakbola yang meningkat keras, cepat, dan main tendang serta menerbitkan suara ribut dan pertengkaran, yang diibaratkan seperti karupuok jangek di dalam kuali itu.
  6. Kopuok = lumbung padi di dlm rumah, yang sering ditaruh kasur atau lapik mensiang di atasnya untuk ditiduri (terutama oleh anak-anak).
  7. Endek = lesung tempat menumbuk padi massal khas Minangkabau. Dua tiga orang (biasanya anggota keluarga lelaki) menginjakkan badan endek ke dlm suatu lubang berganti-ganti. Bila badan endek itu kembali ke atas, maka mulut di kepalanya berbentuk bundar lonjong di depan menumbuk padi di dalam lesung (lumpang), dmkn terus menerus sampai kulit padi-padi itu terkelupas semuanya. Yang bertugas mengambil padi-padi yang sudah ditumbuk untuk kemudian menampinya adalah orang dan anak-anak perempuan. Menumbuk padi di endek di Sulit Air banyak dilakukan di waktu malam, lebih-lebih pd malam bulan purnama. Suatu bentuk gotong royong seluruh anggota keluarga yg romantis sekali!
  8. Pangincik = curang, culas, tidak jujur.
  9. Kalomen piciek, arti harfiahnya= kelam picit. Picit =pencet, gencet. Dinamakan dmkn, mungkin krn sangat gelapnya, hingga menakutkan dan memencet (menciut)kan hati.
  10. Manggarumeh, garumeh= gemas, sangat jengkel dihati.
  11. Senter Eveready Tigo Batu, senter = lampu sorot yang bahan bakarnya dari batu baterai. Di tahun 1950-an, baru ada 2 ukuran senter, yang berisi 2 batu (keping) dan 3 batu. Merek yang terkenal di masa itu ”Eveaready”, bergambarkan mata kucing yang bernyala-nyala. Merek ini sampai sekarang masih ada, seperti juga susu cap ”Nona”, dll. Senter dan pusuong (obor daun kelapa kering yang dibakar) adalah dua jenis lampu (suluh) yang digunakan untuk menerangi tempat bila berjalan di malam hari (masa itu belum ada listrik) di Sulit Air. Senter yang berisi tiga batu, bila dipencet (lebih-lebih bila batunya baru) mengeluarkan cahaya yang sangat terang, mampu menerangi pucuk pohon kelapa yang tinggi atau menerangi orang-orang yang berada di sungai.
  12. Hanjiang godang = anjing besar. Salahsatu ungkapan kemarahan dmkn besar terhadap seseorang. Tambahan konsonan ”h” pada awal ”vokal” yg menunjukkan kata benda, benda maupun sifat, menambah kesangatan arti kata yg dimaksud itu, spt: hanjiang, (h)anduo (bodoh), (h)abi-en, (h)inguo (bodoh), (h)ongok (sombong), dsb-nya. Contoh, bila disebut ”ande ang” (ibumu) adalah ucapan biasa, tapi bila ditambah ”h” menjadi ”hande ang” (biasanya dg suara keras), nah ini suatu ucapan kemarahan atau kejengkelan.
  13. Kaca-kacai = geragapan, gugup bercampur takut, panik.
  14. Pusuong = obor (suluh) daun kelapa kering.
  15. Kodai Buyuong Raman, kedai milik Pak Abd. Rahman yang menjual kebutuhan sehar-hari pada masa dahulu, terletak persis dipertigaan Pangka Titi Sulit Air.
  16. Hantu baburu = hantu yang menurut kepercayaan dinamisme menyerupai anjing, asalnya dari nyawa pemburu (babi). Menurut keyakinan Islam, hantu itu jin jahat yang suka menggoda dan mengganggu manusia, dalam pengertian negatif ( berbuat dosa). Ada pula yg mengatakan, dari segi kata, hantu adalah kebalikan tuhan, berarti kebalikan dari yang diredhai Tuhan. Hantu baburu, adalah salahsatu ucapan kemarahan kpd seseorang. Yg banyak disebut asalah hantu aru-aru, artinya hantu hutan, yang hidup di pohon-pohon yg tinggi, spt pohon beringin.
  17. Hantu singeak-singeak, menurut kepercayaan lama adalah salahsatu jenis hantu yang banyak berdiam di bawah Pangka Titi, yang sering kelihatan oleh orang di waktu malam. Konon kabarnya hantu ini berasal dari nyawa anak-anak yg mati di dalam perut ibunya ketika hendak lahir (mati prematur). Di tempat-tempat lain hantu ini bernama hantu kangkung ngeang-ngeang, jadi hampir sama. Perhatikan, ”ngeak ngeak” itu kan bunyi suara bayi yang sering kita dengar di kala menangis. Walau penulis di waktu kecil memang pernah beberapa kali mendengar ada orang yang katanya menggendong anak kecil yang menangis di Pangka Titi, sesampai di tempat yang terang di Goduong Timbau, tiba-tiba anak kecil itu menghilang dari gendongan, tidak perlu kita yakini sebagai kebenaran, namun tidak perlu pula kita ngotot membantahnya, ucapkan saja wallaahu alam bissawab.
  18. Tobik simabau = terbit simabau, kesurupan, ungkapan bagi orang-orang yang karena sesuatu hal menjadi panik, tidak lagi dapat menggunakan akal pikiran sehat, karena kemasukan roh jahat yang bernama simabau, walau dlm kenyataan belum tentu ia kesurupan (hanya ungkapan).
  19. Jubili kompong, nah ini lagi bentuk kata maki-makian ala Sulit Air, arti harpiah iblis yang terpotong (kepalanya), dahsyat sekali. Tidak saja hantu (jin jahat atau setan), malahan rajanya setan yakni iblis, masuk pula dalam kazanah caci maki. Di tempat atau daerah lain, hantu jenis ini disebut hantu pocong atau hantu kocong, artinya sama saja dengan kompong di Minangkabau, yang kini sering dibuatkan film atau sinetron. (HS)
Read More..
9:09 AM | Author: Alicia Komputer

Seputar Wacana Pondok Cabang Gontor di Sulit Air

BERTEMU DR KH ABDULLAH SYUKRI ZARKASYI, PIMPINAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR

Keinginan untuk mendirikan pondok pesantren cabang Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Sulit Air tak terbendung lagi. 37 orang terdiri dari pengurus DDR dan tokoh-tokoh masyarakat Sulit Air menemui Pimpinan PMDG, DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi, di Ruang Matahari Hotel Marcopolo, Jakarta pada tanggal 4 Maret 2008, dari pukul 14.00 – 17.30. Tujuannya ialah untuk membahas peluang mendirikan pondok cabang Gontor di Sulit Air secara lebih intensif, melanjutkan dua pertemuan terdahulu di hotel yang sama dan di kediaman Drs. H. Rainal Rais Dt. Rajo Sati Nan Mulie di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. DDR telah berulangkali menyampaikan keinginan ini kepadanya secara informal sebelum pertemuan-pertemuan resmi dilakukan.

Dr. HM. Amin Nurdin, MA selaku Ketua Umum DDR menyampaikan, pendirian pondok cabang PMDG di Sulit Air bertujuan untuk membangkitkan gerakan dakwah dan pendidikan sesuai visi dan misi DDR sebagai gerakan dakwah. Seperti dikatakan Rainal Rais, Sulit Air tepat menjadi lokasi karena strategis secara geografis lantaran dapat dimasuki melalui 6 penjuru dari wilayah Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Selain itu, Sulit Air memiliki semangat pergerakan ditandai dengan perjuangan gerakan Padri di Minangkabau yang dimulai di nagari ini. Ir. H. Nibras Salim Dt. Polong Kayo menambahkan, PMDG telah lama menjadi alternatif pilihan terbaik para orangtua Sulit Air dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anak mereka. Di antara ribuan alumni PMDG, sekitar 250 orang adalah putra Sulit Air. Keberadaan Gontor di Sulit Air ia yakini akan mengubah nagari ini menjadi nagari yang religius dan produsen ulama-intelektual dan intektual-ulama di Sumatra Barat. Untuk meyakinkan Pimpinan PMDG, H. Syaifullah Sirin Dt. Rajo Mangkuto selaku Ketua Badan Pembangunan yang dibentuk DDR optimis pondok cabang Gontor akan berdiri di Sulit Air karena seluruh lapisan dan komponen masyarakatnya telah menyatakan dukungan dan bersedia bekerja keras sekalipun sampai mengucurkan keringat darah.

Keinginan dengan semangat tinggi di atas ditanggapi DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi dengan suka cita sebagai sebuah penghormatan karena selaras dengan cita-citanya mendirikan ‘Seribu Gontor, di Indonesia. Karena itu, tempat bukan hal prinsip karena bisa di mana saja. Keinginan mendirikan pondok cabang Gontor di Sumatra Barat tidak datang dari warga Sulit Air saja. Tokoh Minangkabau terkemuka, Ir. H. Azwar Anas Dt. Rajo Salaiman, pernah menyampaikan keinginan yang sama kepadanya. Untuk menguatkan keyakinannya, H. Azmi Anwar Dt. Tumenggung selaku Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sulit Air menambahkan, bahwa dukungan juga datang dari pemangku adat karena pewakafan tanah wakaf jelas dan sudah sesuai prosedur adat. Bagaimanapun, yang terpenting baginya adalah keikhlasan, terutama dari wakif yang mewakafkan tanahnya karena ini akan menjadi indikator penentu nyetrum tidaknya lokasi yang disediakan. Kiikhlasan hati pula yang ia angggap kunci untuk memudahkan usaha termasuk dalam mengatasi berbagai kesulitan, termasuk dana. H. Syaifullah Sirin Dt. Rajo Mangkuto optimis dana dari warga Sulit Air akan terkumpul maksimal sekitar 1,5 milyar rupiah, Kekurangannya akan ditutupi dari sumber-sumber lain di pemerintahan pusat dan daerah maupun dari dana luar negeri. Menyikapi hal ini, DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi yakin Allah akan memberi jalan keluar asalkan semua pihak berjuang dengan ikhlas. Pimpinan PMDG berjanji tidak akan tinggal diam. Jika pondok cabang berdiri di Sulit Air, Pimpinan PMDG juga berjanji akan melakukan pembinaan terhadap masyarakat Sulit Air sejauh diperlukan seperti dilakukan terhadap masyarakat sekitar Gontor. Kepastian ini disampaikan DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi menanggapi harapan Hj. Yenni Huriani Yahya, MSi tentang peran serta pondok melalui kegiatan dakwah dan pengajian dalam koridor pembangunan masyarakat, atau popular dengan sebutan ‘community development’ (CD).

Pengalaman Pimpinan PMDG mendirikan pondok cabang dalam mewujudkan cita-cita ‘Seribu Gontor’ cukup beragam. Pondok cabang di Aceh dibangun di atas tanah yang dibeli sendiri oleh PMDG, kemudian diwakafkan ke Badan Wakaf Gontor, sementara pondok cabang di Lampung dibangun di atas tanah wakaf warga setempat. Hj. Yulmatri Rainal beranggapan suka duka mendirikan pondok cabang hendaknya menjadi pelajaran berharga agar DDR tetap komitmen dengan cita-cita mendirikan pondok cabang di Sulit Air.

Dalam pertemuan tersebut, DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi turut menjelaskan institusi pendidikan PMDG, perkembangannya dan suka duka yang dialami selama 7 dekade sejak berdiri sampai memperoleh pengakuan resmi dari pemerintah pada tahun 2000. Selain PMDG di Desa Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, kini sudah berdiri 13 pondok cabang dengan 6.326 santri di seluruh Indonesia dengan guru-guru berkualitas sama dengan guru-guru di PMDG. Alumni terbaik yang keluar setiap tahun dari PMDG akan disalurkan ke pondok-pondok cabang. Menjawab pertanyaan Drs. H. Hamdullah Salim tentang minat santri belajar di PMDG, DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi menjelaskan, bahwa tidak kurang dari 2400 calon santri ingin belajar di PMDG setiap tahun. Tetapi, hanya sekitar 1200 orang saja yang diterima. Selain pondok cabang, terdapat pula pondok alumni yang dibangun oleh alumni, dan pesantren yang dikelola oleh yayasan menggunakan kurikulum dan sistem pendidikan Gontor. Seperti disampaikan M. Emnis Anwar, DDR dan warga Sulit Air tetap pada pilihan mendirikan podok cabang di bawah pengelolaan langsung PMDG. Dalam kaitan ini, DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi bersama Pimpinan PMDG yang lain berjanji akan datang ke Sulit Air secepatnya untuk melihat lokasi. Waktunya akan ia beri tahukan kemudian (M. ‘Azzam Manan & Agus Saputra)

KUNJUNGAN KE PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR

Di antara putusan rapat DDR tanggal 18 Maret membahas hasil pertemuan dengan DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi di Hotel Marcopolo tanggal 4 Maret 2008 adalah kunjungan ke Pondok Modern Darussalam Gontor PMDG). Ini penting agar gagasan pendirian pondok cabang di Sulit Air direspon oleh seluruh Pimpinan PMDG.

Rabu sore, 27 Maret 2008, 16 orang peserta berangkat dari Stasiun Gambir dengan Keretapi Bima menuju Madiun. Mereka adalah H. Syaifullah Sirin Dt. Rajo Mangkuto selaku pimpinan rombongan, HM. Amin Nurdin, HM. Emnis Anwar, H. Rainal Rais Dt. Rajo Sati Nan Mulie, Hj. Yulmatri Rainal, H. Ali Ridwan Liun, H. Nazlir Ahmat, Roymon Rais, H. Syahril Syamsuddin, H. J. Raspalito Temanggung Alwie, Agus Saputra, …………….. Kunjungan menemui Pimpinan PMDG dianggap penting sebagai strategi untuk memudahkan penerimaan gagasan ini oleh Badan Wakaf Gontor. Karena itu, waktu yang pendek memaksa pimpinan rombongan mengambil keputusan tepat namun belum tentu mudah, naik ojek ke Stasiun Gambir agar tidak ketinggalan kereta. Setiba di Stasiun Madiun Kamis pagi pukul 04.15, rombongan langsung menuju Gontor dengan bus bersama santri yang menjemput. Mereka sampai di PMDG pukul 05.42 setelah mampir dulu menunaikan salat Shubuh di Masjid Istiqamah, Dolopo. Sesampai di tempat tujuan, mereka beristirahat dan sarapan pagi di wisma yang telah disediakan.

Pada pukul 09.00, mereka dibawa ke sekretariat pimpinan dengan bus untuk bertemu pimpinan pondok yang terdiri dari DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi, KH Hasan A. Sahal, dan KH Akrim Mariyat. Meskipun keputusan berada di Badan Wakaf Gontor, ketiga pimpinan PMDG tersebut secara prinsip bersedia membangun pondok cabang di Sumatera Barat asalkan pewakaf ikhlas mewakafkan tanahnya, bangunan dan fasilitas lainnya bagi menampung sekurang-kurangnya 150 santri. Semua peserta merasakan penerimaan Pimpinan PMDG sebagai tuan rumah sangat istimewa. Pimpinan pondok seakan-akan hendak menunjukkan contoh ideal menghormati tamu seperti seruan Rasulullah SAW dalam hadits yang artinya: “barang siapa beriman dengan Allah dan hari kemuidan, maka hendaklah ia menghormati tamunya”.

Usai pertemuan, mereka diajak dengan 3 mobil mengelilingi komplek Gontor yang sejatinya menyatu dengan rumah warga. Salah satu mobil dikemudikan sendiri oleh DR KH. Abdullah Syukri Zarkasyi. Di PMDG 1 dan 2 Putra, mereka turut melihat asrama dan kamar-kamar santri, dapur, ruang makan, ruang kelas, ruang auditorium, laboratorium bahasa, koperasi, Radio Gontor, dan lain sebagainya. Gedung-gedung di pondok mempunyai nama sendiri seperti Gedung Al-Azhar. Ada juga gedung diberi nama sesuai nama negara donor, seperti Gedung Saudi Arabia.

Pukul 10.50, rombongan sudah berada di aula untuk mengikuti presentasi menggunakan slide projector tentang sistem pendidikan dan pengajaran di PMDG oleh DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi dan KH Akrim Mariyat. Orientasi sistem pendidikan dan pengajaran pondok bukan sekadar menyiapkan santri dapat bekerja, melainkan juga dapat terjun dan mengabdi kepada masyarakat melalui prinsip panca jiwa, yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah Islamiyah, dan jiwa bebas. DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi juga menjelaskan struktur organisasi PMDG mulai dari badan wakaf, pimpinan pondok sampai ke KMI, ISID, IKPM (?), serta pengalamannya mendapatkan dana dari luar hingga mencapai 10 milyar rupiah. Keberhasilan ini terjadi karena ia berbuat berdasarkan semangat ikhlas berkorban. Kesempatan itu digunakan pula untuk membahas rencana kunjungan pimpinan PMDG ke Sulit Air akhir Mei 2008 untuk melihat lokasi calon pondok cabang.

Usai presentasi pukul 13.00, rombongan kembali ke wisma untuk makan siang dan beristirahat. Ketika acara makan malam, muncul inisiatif menggalang dana untuk membantu pembangunan PMDG 1 Putra. Malam itu, mereka berhasil menghimpun dana berjumlah Rp. 11.800.000 (sebelas juta delapan ratus ribu rupiah). Pukul 20.30, mereka berbincang santai dengan DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Ketika itu, ia menegaskan kembali pentingnya keikhlasan, kerja keras, inisiatif, kemauan dan keberanain dalam berbuat, serta jaringan kerja. Karena itu, ia mengajak rombongan agar tidak memperdulikan orang yang banyak ngomong namun tidak mau berbuat. Ia juga menekankan pentingnya sikap amanah dan transparansi untuk membangun kepercayaan dan menghindari fitnah. Bincang-bincang dengan DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi disudahi dengan penyerahan bantaun berjumlah RP. 11.700.000 (sebelas juta tujuh ratu ribu rupiah) untuk PMDG 1 Putra. Sisanya mereka berikan kepada santri yang telah membantu selama dua hari. Malam itu juga, empat orang anggota langsung pulang ke Jakarta.

Jumat pagi, 28 Maret 2008, 14 anggota rombongan yang tersisa menemui KH Hasan A. Sahal dan DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi untuk berpamitan. KH Hasan A. Sahal menegaskan kembali dukungannya terhadap gagasan mendirikan pondok cabang di Sulit Air sambil memberi semangat agar mereka maju terus. Dalam perjualan pulang, mereka sempat mampir di PMDG 3 Putri di Mantingan, dan PMDG 2 Putri. Di Pondok 2 Putri, mereka disambut oleh adik KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Drs. H. A. Hidayatullah Zarkasyi selaku wakil pengasuh pondok. Mereka sempat berkeliling di komplek Pondok 1 dan 2 Putri. Pukul 17.00, mereka berangkat menuju Stasiun Solo Balapan untuk selanjutnya pulang ke Jakarta malam itu juga (M. ‘Azzam Manan & Agus Saputra)

Read More..
8:55 AM | Author: Alicia Komputer

”The Sulit Air Dreams”

Oleh : Drs. H. Hamdullah Salim

Pesawat melintasi kawah Gunung Kerinci,

yang kelabu diliputi awan

Dan tidak lama kemudian, sang pramugari pun berseru:

”Please, your attention! Perhatian, perhatian!

Para penumpang yang kami hormati,

dalam waktu tidak berapa lama lagi pesawat ini akan mendarat

di bandar udara ”Padang Riburibu Sulit Air”

Mendengar nama itu hatiku tersentak, darahku berdesir

”Lampu akan dipadamkan. Silakan menghidupkan lampu baca! Sudilah menegakkan sandaran kursi, mengikatkan sabuk pengaman sampai pesawat ini berhenti dengan sempurna!”

Kuambil teropong dan lewat jendela kaca kunikmati panorama alam

Di bawah terhampar Danau Singkarak, airnya biru menyejukkan mata

Duhai.... beriak-riak bergelombang di sapu angin, melambai-lambai,

bak lambaian padi-padi muda di bentangan sawah nan menghijau

Terlihat perahu-perahu nelayan berkayuh menebarkan jala

Dan beberapa ’speed boat” yang berlari dengan cepat

Ini benar-benar pemandangan langka yang jarang kualami

Di seberang, di utara, melintas kereta api, berasap cerobongnya,

sarat membawa penumpang dan batubara

Merambat di rel baja bagaikan rumahgadang berjalan,

begitu gambaran masa kecilku melihat kereta api dari Sitinjau Laut

Oh, cantiknya jembatan Batang Ombilin,

Tempat danau melepas kelebihan air yang meluncur di kolongnya

Di sekitar ada rumah makan, toko, kios lkan bilih dan oleh-oleh,

bus dan kenderaan yang parkir, masih seperti dulu juga

Terlihat juga mesjid pinggir danau di Sumpur yang kukenal dulu

Jauh di atas, di perbukitan terbentang jalan raya Trans Sumatra

Di bawahnya bertebaran villa, tempat wisatawan menikmati danau

Terpancar pesona Bukit Barisan, sumarak ranah Minangkabau

Pesawat semakin merendah dan melambat,

mengambil ancang-ancang, memasuki landasan dari arah Aripan

Di depan mata kini terpampang, indahnya nagari-nagari,

yang dulu disebut Kecamatan Sepuluh Koto di Ateh

Aduhai, nampak Batang Ombilin jalan berliku,

mengalirkan airnya mulai dari Katialo, Paninjauan, Tanjung Balit, akhirnya dengan setia dan sepanjang zaman, dimasukinya

haribaan tanah kelahiranku Sulit Air tercinta.

Dengan bantuan ketiga anaknya Batang Balam, Ompang dan

Batang Siaru, dilayaninya kebutuhan para sanakku,

warga lembah Gunung Merah-Putih,

sebelum bergabung dengan Batang Ombilin, menuju Selat Malaka.

Teropong semakin kurapatkan, mengamati aliran air Batang Katialo,

yang ternyata kini besar, lebar, dan bersih,

dengan air yang melancar deras

Dari sungai itu terbentang beberapa polong air yang dialirkan

menuju sawah, ladang, industri rumah dan pabrik

Ada juga kincir angin, airnya digunakan untuk berbagai kenutuhan Gunung Merah-Putih, Guguok Muncuong, Guguok Nyandau,

dan Bukik Sundak Langik di belahan sebelah timur,

Sibumbun Betina, Sibumbun Jantan dan Guok Kumbangan di utara

Guok Tarogoung dan Guok Sarikieh di sebelah barat,

dan Guok Jonggi di penjuru selatan,

bagai tonggak-toggak penjaga nagari, bermandikan cahaya elektrik

bagaikan gadis-gadis bersolek manja hendak ke pesta

Wahai...antara pinggang gunung, bukit dan guguk-guguk itu,

kini terbentang jalan raya, juga bentangan kawat-kawat baja,

tempat lori-lori bergantung dan berlari-lari ria,

tumpangan para wisatawan berhibur diri,

bak lori di Taman Mini atau lori semen Indarung masa dahulu

Di sepanjang batas delapan puluh kilometer persegi ulayat Sulit Air,

bertaburan rumah, pabrik, kampus, kantor, sentra kerajinan rakyat

Surau-surau di sepanjang sungai, mesjid dan sekolah di sana-sini.

Hotel-hotel, obyek-obyek wisata, di beberapa pojok dan simpul kota

Pesawat pun mendarat mulus di bandara Padang Ribu-ribu

Padang Riburibu, wahai lintasan jalan kaki masa bocahku,

ke Kacang atau ke Tembok pada masa silam, bila hendak

naik kereta api ke Solok atau Padangpanjang, siapa kira,

engkau jadi begini gagah dan banyak disebut orang sekarang?

Di di tangga pesawat, kulayangkan pandang ke anjungan bandara

Di puncak bangunan yang bergonjong itu,

terpampang suatu baliho besar berhiaskan neon warna-warni:

”Welcome To/ Selamat Datang di Kota Santri dan Wisata Sulit Air”

Membaca baliho itu rasa berdetak lagi jantungku

Di apron, sedang parkir dua pesawat,

dan di ruang tunggu bandara, berlalu lalang macam-macam orang, banyak pula yang berhidung mancung, berkulit bule,

begitu asing mereka bagiku, tidak seorangpun yang kukenal

Petugas bandara yang lelaki berpeci, berbaju gunting cina,

perempuan berlilit dan berbaju kurung, seperti murid PSA masa dulu.

Semua ramah berikan memberikan layanan,

menebarkan senyum, menyebarkan harum

Aku kembali tersenyum ketika naik taxi, namanya ”Sarikie Taxi”

Keluar bandara, terbentang dua jalan besar, ke utara dan ke selatan

Aku pilih jalan ke utara, lewat Bukit Kandung, walau jauh memutar

Di sepanjang jalan toko, rumah, warung, kantor, bengkel, SBPU

Sepuluh menit kemudian bersua suatu kompleks bangunan besar,

amat menggetarkanku : ”Pondok Pesantren Modern Gontor Sulit Air”

Megah dan jombang, menara mesjidnya tinggi menjulang langit

Terlihat ratusan santri berpakaian koko berbaris memenuhi lapangan

Terlihat ruangan kelas berjejer, asrama, aula, dan entah apa lagi,

kini kabarnya telah banyak mencetak ulama dan da’i-da’i kondang.

Di sekitar banyak hotel, tempat bermalam para wisatawan,

para tamu dari nehara-negara Islam pun banyak menginap di situ.

Taxi sampai di pertigaan jalan Bukit Kandung,

di depan dua tanda panah, ke kiri menunjuk Batu Sangkar,

yang kanan mengarah ke Koto Tuo.

Oh, rupanya antara Bukit Kandung dengan Batu Sangkar,

kini terhubung oleh jembatan besar, yang melintasi Batang Ombilin

Supir taxi yang mengatakan demikian, yang juga menjelaskan

dari bandara Padang Riburibu kini ada penerbangan setiap hari ke

Jakarta, Palembang, Pekan Baru, Medan dan Kuala Lumpur

Dari Rawang ada kereta api membawa penumpang dan batu bara,

menuju Sawah Lunto, Solok, Padangpanjang dan Padang

Ada pula kereta api wisata yang melayani wisatawan lewat jalur itu,

dari Sulit Air ke Padang, mengitari nagari-nagari di sepanjang rel, menikmati pesona keindahan alam, dan dibeberapa tempat,

disambut dengan berbagai atraksi senibudaya Minangkabau

Dari Sulit Air terbentang pula jalan raya angkutan umum menuju

Ombilin, Singkarak, Solok, Sawahlunto, Talawi, dan Batusangkar

Sulit Air sungguh berada dipersimpangan jalan yang amat strategis

Terminal bus di Lapangan Koto Tuo, stasiun kereta api di Rawang

Kami sampai di gapura jalan yang bertuliskan:

”Selamat Datang di Kawasan Wisata Islami Talago Loweh”

Di kanan berdiri anggun kompleks ”Masjid Baitul Makmur” bertingkat

Ah, ingat aku Baharuddin Sutan Malako Cs, yang merintisnya dulu

Akulah dulu yang memberi nama mesjid itu, dan menurut supir taxi

mesjid itu punya kegiatan pendidikan tinggi menghapal Al Qur’an,

pusat pelatihan bela diri, pelatihan seni budaya Minang dan Islam, pusat kajian adat basandi syarak, dan pengajian akbar mingguan bersama da’i-da’i kondang, dari mana-mana jamaah berkunjung

Dari kompleks mesjid itu, samar-samar kudengar lagu kasidah, ditingkahi bunyi talempong, saluang dan puput sarunai, merdu sekali

Telaga di samping mesjid menjadi ”Kolam Renang Talago Loweh”

Terdiri dari tiga bagian terpisah: lelaki, perempuan dan anak-anak

Banyak dikunjungi peminat dari seluruh Sumatra Barat dan Riau

Di depannya berdiri ”Sulit Air International Hotel”, berbintang empat

Talago Loweh penuh toko cendera mata berciri Minang dan Islam

Pada penurunan, ditemui lagi tanda panah penunjuk jalan ke kiri:

”Alai Resort”, ”Taman Pemandian Lubuok Uok”, ”Limau Puruik”

Ke kanan adalah: ”Waduk Air Bersih Purangan”,

dengan kemajuan teknologi, menyedot air dari Danau Singkarak, untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduk Sulit Air

Lalu bertemu lapangan tennis, arena bulutangkis dan pondok wisata

”Sarikieh Taxi” memasuki ”Terminal Bus Koto Tuo”,

yang menempati bekas lapangan Koto Tuo sampai Pasar Koto Tuo, l

stadion pindah ke Lubuk Siami, pasar ke Balik Parik, hebat sekali

Sedang rumah-rumah penduduk banyak pindah ke perbatasan kota

Aku turun dari taxi, dari suatu pojok di bagian atas terminal kuamati

seluruh penjuru Sulit Air, kota santri dan wisata, sungguh menawan

Koto Gadang tertutup dengan bangunan bertingkat, perkantoran,

balaikota, balairungsari, DPRD, kantor swasta, dinas-dinas daerah

Pangka Titi dan Mesjid Raya masih seperti yang dulu,

namun ditengah kemegahan Sulit Air, terasa begitu kecil kini

Wisatawan naik jonjang saribu, sampai di Gunung Papan, dan dapat menyeberang ke Guok Muncuong, Sundak Langik, Sibumbun Jantan, Sibumbun Betina dengan lori gantung, berlari-lari riang di angkasa

dan terlihat sepuluh koto di ateh, Danau Singkarak, Batang Ombilin

Taxi bergerak lagi ke lembah Guok Tarogoung kawasan pemukiman

Memasuki jalan raya menuju Tanjung Alai di tepian Trans Sumatra,

di kiri Piek Ontang dengan bangunan ”Institut Teknologi Sulit Air”nya

Jauh di seberang terlihat ”Taman Rekreasi Batu Galeh” Taram

Juga ”Sentra Kerajinan Rakyat Guguok Jonggi” dan disebelah kanan

Sarikieh dengan ”Balai Penelitian dan Pembibitan Holtikultura”-nya

Habis Titi Jaruong, aku tersenyum lagi, ingat lagi masa lalu,

di suatu pojok ketemu suatu warung, dengan papan nama:

”Ompiang Badadieh Padang Bungka”

Kenderaan semakin ramai menuju jalan raya Trans Sumatra

Menjelang Tanjung Alai, kami berbelok kekiri, ke jalan lingkar selatan, melintasi Sarosah, Guok Jagak, Kunik Bolai, Siaru, lembah Gunung Papan, Sundak Langik, dan Rawang,

yang disepanjang kiri-kanan jalannya membentang kolam ikan,

di atasnya berenang kerumunan itik yang tengah bermain jenaka,

kebun sayur mayur dan sawah-sawah nan menghijau, duh sedapnya!

Sundak Langik penuh dengan antena dan perangkat telekomunikasi

Di Rawang ada pabrik briket dan pabrik buah-buahan dalam kaleng

Ada anak panah menunjuk ke kawasan ”Wisata Buru Babi Ikiek-ikiek”

disertai lukisan wisatawan membidik babi dengan senapan buru

Berbelok kembali ke utara, sampailah kami di Gontiang Guok Balang

Bertemu suatu rumah makan besar: ”Simbacang Restaurant”,

yang yang menyadikan menu masakan minuman spesial Sulit Air

Rasa lapar menyeretku berhenti di sini, sambil juga sholat di surau

Halaman parkir penuh sesak dengan kenderaan, tamunya melimpah

Menunya benar-benar khas Sulit Air: gulai ompuok, samba itam, samba panyikek, samba putiek macang, karabu maco, pai mansai,

goriang potai maco, niro, es karambie monuo, es aka kalamponang Kulihat ada tamu yang bergerak jakunnya, cupak-cepong suapnya,

mencopak kuleknya, dan keluar peluh dinginnya,

aku pun merasakan nikmatnya, sampai tiga kali minta tambuh

Di depan melintas kereta api Pisalak-Rawang membawa batu bara

Terdengar bunyi pluitnya, berdentam-dentam rodanya, asyik sekali!

Sesudah makan, kami lewati ”Museum Gontiang Bigau”, kemudian Kubang Duo yang banyak sekolah, Mantagi dan Linawan dengan ”Industri Oleh-oleh Khas Sulit Air”-nya, perjalanan berlanjut

ke Lurah Kayu Paik, lalu obyek wisata air ”Guok Tojun” Timbulun

Timbulun terutama masyhur dengan tambang batubaranya,

yang diangkut ke Padang, juga dibutuhkan untuk membangkitkan pusat tenaga listrik di PLTU Pisalak

Habis Pisalak, memutar kekiri menempuh jalan raya lingkar utara,

melewati Bukik Sibumbun Betina, Sibumbun Jantan, Limau Puruik.

Di kiri-kanan jalan adalah padang rumput dan penggembalaan hewan Limau Puruik memang tenar sebagai pemasok sapi dan air susu

Dan waktu menuruni jalan ke Lembah Bukik Kumbangan, teratakku

Tepatnya di Gontiang Kok Oru, tiba-tiba taxiku menabrak pohon pulai

Ashtaghfirullah, aku terpelanting ke ......bawah ranjang tempat tidurku

Aku terbangun dan sadar, ooohhh........, aku barusan hanya bermimpi

Mimpikan Sulit Air Nan Jaya, entah kapan dan tahun berapa kelak

Aku rupanya demikian terpengaruh Barack Hussein Obama, si idola Ayah dan ayah tlrinya Muslim, pernah empat tahun tinggaldi Jakarta Menulis ”The American Dreams”, mengimpikan perubahan Amerika

Dan kini berjuang keras memenangkan pemilihan Presiden Amerika

Sedang aku juga mengimpikan perubahan dan kebesaran Sulit Air

Namun aku hanya mampu bermimpi dan menulis puisi:

”The Sulit Air Dreams”.

Read More..
Category: | Leave a comment
8:47 AM | Author: Alicia Komputer

METODE PENELITIAN

  1. Tempat dan waktu penelitian

1. Tempat penelitian

Laboratorium Farmasi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

2. Waktu penelitian

Penelitian ini berlangsung ± 2 bulan

  1. Alat penelitian

Alat yang digunakan adalah corong Buncher, neraca analitik, blender, penguap putar (vacum evaporator), kapas steril, oven (pemanas), botol timbangan, krus platina, eksikator, mortir, alu, timbangan, kandang hewan uji, alat bedah steril (gunting, pisau bedah, pinset, papan bedah dll), alat suntik steril, cawan petri, jarum ose, mikropipet, vial, kaca objek, pH meter/indikator pH, kotak preparat, pipet eppendorf, tip pipet eppendorf, laminar flow, hemositometer, sentrifuge, mikroskop cahaya, spektrofotometer, inkubator serta peralatan gelas steril yang lazim digunakan dilaboratorium.

  1. Bahan penelitian

Bahan yang digunakan adalah daun sirih yang diperoleh dari Balai Penelitian Tanaman Rempah Obat (BALITRO), gambir, HCL encer, Air-Kloroform, etanol 70%, larutan methanol dan air suling.

Bahan yang diperlukan untuk uji imunomodulator : makrofag yang berasal dari peritoneum mencit putih (Mus Musculus), bakteri uji Staphylococcus epidermis, Nutrien Broth (NB) DIFCO, eter, NaOH 0,1 N, HCL 0,1 N, metanol, pewarna giemsa, larutan phosphate buffered saline (PBS), larutan EDTA 0,2 M, dimetil sulfoksida (DMSO), imboost sirup (soho) 250 mg/5 ml, minyak imersi.


  1. Metode Penelitian

1. Determinasi tanaman

Bahan yang digunakan adalah daun sirih dan gambir yang di peroleh dari Balai Penelitian Tanaman Rempah Obat. Sebelum dilakukan penelitian terhadap tumbuhan, terlebih dahulu dideterminasi untuk mengidentifikasikan jenis dan memastikan kebenaran simplisia. Determinasi dilakukan di Herbarium Bogoriense, Balitbang Botani-Puslitbang Biologi LIPI Bogor.

2. Penyiapan bahan yang digunakan

a. Pengumpulan dan penyediaan simplisia

Simplisia kering yang diperoleh dari Balai Penelitian Tanaman Rempah Obat, kemudian simplisia kering diblender sampai menjadi serbuk, serbuk yang diperoleh disimpan dalam wadah bersih dan tertutup rapat.(2)

b. penyiapan bahan pereaksi

1) larutan HCl encer 10%

226 ml HCl P ditambahkan dengan air suling sampai volume 1000 ml.(3)

2) larutan air kloroform

Kloroform P 2,5 ml ditambahkan dengan air suling sampai volume 1000 ml dan dikocok hingga homogen.(3)

3) larutan EDTA 0,2 M

73,41 gr EDTA ferric monosodium salt dilarutkan dalam air suling sampai volume 1000 ml

4) larutan phosphate buffered saline (PBS) dengan pH ± 7,8

NaCl 8 gr, KCl 0,2 gr, Na2HPO4 1,15 gr, KH2PO4 0,2 gr dilarutkan dalam air suling sampai volume 1000 ml , atur pH ± 7,8

5) larutan giemsa 10%

10 gr Giemsa dilarutkan dalam 1000 ml air suling

6) larutan biru tripan

NaCl 0,81 gr + Na2HPO4 0,06 gr dilarutkan dalam 100 ml air suling. 0,4 gr biru tripan dilarutkan dalam 100 ml campuran NaCl dan Na2HPO4

3. Pemeriksaan mutu simplisia

1) Susut pengeringan

Simplisia ditimbang secara seksama 2 gr dan dimasukkan kedalam botol timbang dangkal bertutup yang sebelumnya dipanaskan pada suhu 1050 C selama 30 menit dan telah ditara sebelum ditimbang dengan menggoyang-goyangkan botol hingga merupakan lapisan setebal kurang lebih 5 mm sampai 10 mm, kemudian dimasukkan kedalam lemari pengering (oven) pengeringan dilakukan sampai bobot tetap, ditimbang.

2) Kadar abu

Ditimbang dan digerus sebanyak 2 gr zat, dimasukkan kedalam krus platina atau krus silikat yang telah dipijarkan perlahan-lahan hingga arang habis, dinginkan, ditimbang. Jika arang tidak dapat hilang, tambahkan air panas, saring dengan menggunakan kertas saring bebas abu. Pijarkan sisa abu dan kertas saring dalam krus yang sama, masukan filtrat didalam krus, uapkan, pijarkan hingga bobot tetap, ditimbang. Dihitung kadar abu terhadap bahan yang telah dikeringkan diudara.

3) Kadar abu tidak larut asam

Abu yang diperoleh pada penetapan kadar abu, didihkan dengan 25 ml HCl encer selama 5 menit, dikumpulkan bagian yang tidak larut dalam asam, disaring melalui krus kaca masir atau kertas saring bebas abu, cuci dengan air panas, dipijarkan hingga bobot tetap, ditimbang. Dihitung kadar abu yang tidak larut dalam asam terhadap bahan uang telah dikeringkan diudara.


4) Kadar sari larut air

Keringkan serbuk simplisia diudara, ditimbang 2 gr serbuk simplisia dimaserasi selama 24 jam dengan 100 ml air-kloroform, menggunakan labu bersumbat sambil dikocok selama 6 jam pertama dan kemudian dibiarkan selama 18 jam. Disaring, diuapkan filtrat hingga kering dalam cawan dangkal berdasar data yang telah ditara, dipanaskan sisa pada suhu 1050 C hingga bobot tetap. Dihitung kadar dalam persen sari yang larut dalam air, dihitung terhadap bahan yang telah dikeringkan di udara.

5) Kadar sari larut etanol

Keringkan serbuk simplisia di udara, ditimbang 2 gr serbuk simplisia dan dimaserasi selama 24 jam dengan 100 ml etanol 95%, menggunakan labu bersumbat sambil berkali-kali dikocok selama 6 jampertama kemudian dibiarkan selama 18 jam. Disaring cepat dengan menghindarkan penguapan etanol 95%, diuapkan 25 ml filtrat dalam cawan kering berdangkal rata yang telah ditara, dipanaskan sisa pada suhu 1050 C hingga bobot tetap. Dihitung kadar dalam persen sari yang larut dalam etanol 95%, dihitung terhadap bahan yang telah di keringkan di udara. (4)

4. Pembuatan ekstrak

a. Ekstrak etanol 70%

Serbuk halus simplisia sebanyak 100 gr dimaserasi dengan pelarut etanol 70% sambil diaduk kemudian disaring dengan menggunakan corong buncher. Maserasi dilakukan sampai tidak ada lagi senyawa-senyawa yang tersari dalam etanol 70% atau sampai filtratnya jernih. Filtrat yang diperoleh kemudian diuapkan dengan penguap putar (vacum evaporator) pada suhu 600 C, sampai pelarut tidak tersisa lagi dan didapat ekstrak kental. Ekstrak kental dikeringkan dengan oven pada suhu 700 C sampai kering. Dihitung nilai hasil rendemen ekstrak.


b. Ekstrak air

Serbuk halus simplisia sebanyak 100 gr dimasukan kedalam aquadest, dipanaskan selama 15 menit pada suhu 960 C, disaring. Ampas yang diperoleh dibilas hingga airsaringan tidak berwarna, ekstrak air yang didapat dipekatkan dengan menggunakan cawan porselen yang diletakan diatas tangas air dan dipanaskan pada suhu 700 C hingga pelarut tidak tersisa lagi dan didapatkan ekstrak kental. Ekstrak kental yang didapat dikeringkan dalam oven pada suhu 700 C. dihitung nilai hasil rendemen ekstrak. (2,5)

5. Uji imunomodulator

a. Aklitimasi hewan coba

Sebelum hewan coba digunakan terlebih dahulu diadaptasikan terhadap lingkungan dan dilakukan penimbangan berat badan setiap harinya diamati kondisi kesehatannya. Hewan coba diaklitimasi selama ± 14 hari, hewan coba hanya diberi makan dan minum saja.

b. Penyiapan ekstrak uji

1) Disiapkan vial kosong yang akan digunakan untuk pengujian, tiap ekstrak dilakukan pengujian pada konsentrasi 1000, 100, 10, 1, 0,1 ppm dan tiap konsentrasi dilakuk Dibuat larutan induk kedua dengan konsentrasi 100 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk pertama (1000 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

2) SEkstrak ditimbang ± 10 mg dan dilarutkan dalam 10 ml aquadest steril. Untuk membuat larutan induk dengan konsentrasi 1000 ppm. Untuk mempermudah kelarutan ekstrak uji dalam air sebelumnya ditambahkan dimetih sulfoksida (DMSO) 1-5 tetes.

3) Dibuat larutan induk kedua dengan konsentrasi 100 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk pertama (1000 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

4) Dibuat larutan induk ketiga dengan konsentrasi 10 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk kedua (100 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

5) Dibuat larutan induk keempat dengan konsentrasi 1 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk ketiga (10 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

6) Dibuat larutan induk kelima dengan konsentrasi 0,1 ppm pipet 0,5 ml dari larutan induk keempat (1 ppm) dan larutkan dalam 5 ml aquadest steril.

c. Penyiapan suspensi bakteri

1) sterilisasi peralatan dan bahan

alat-alat yang akan digunakan pada proses uji imunomodulator dan pembuatan media termasuk cawan petri, tabung reaksi kosong, gelas piala, tip pipet mikro, pipet volumetrik, batang pengaduk kaca disterilkan dalam oven pada suhu 1600 C selama ± 2 jam. Bahan yang digunakan seperti phosphate buffered saline (PBS) pH = 7, 8, air suling, medium disterilkan dalam autoklaf pada suhu 1210 C selama 15 menit, sedangkan ruangan yang akan digunakan dipastikan dalam keadaan steril, nyalakan lampu UV pada laminar flow ± 2 jam sebelum digunakan.

2) persiapan medium

medium pertumbuhan bakteri uji Staphylococcus epidermis adalah Mueller Hinton Medium (MHM) dengan komposisi sari pati sapi 300 gr, teknik 17,5 gr, starch 1,5 gr, bacto agar 17 gr, suspenskan 38 gr dalam 1 liter air suling pH akhir ± 7,3. Media Nutrient Broth (NB) = pH ± 6,8. suspensikan 8 gram dalam 1 liter air suling. Medium-medium tersebut kemudian diatur pHnya, lalu disterilkan dalam autoklaf 1210 C selama 15 menit.

3) penyiapan suspensi bakteri uji Staphylococcus epidermis

setelah 24 jam masa inkubasi, bakteri uji Staphylococcus epidermis telah tumbuh dan berkembang biak, diambil koloni yang telah tumbuh pada agar miring medium MHM dengan menggunakan ose steril. Ditanam koloni bakteri uji Staphylococcus epidermis pada medim NB cair secara aseptik, inkubasikan pada suhu 370 C selama 24 jam, kemudian disentrifugasi selama 1 jam dengan kecepatan 50.000 rpm. Cairan supernatant yang terbentuk pada bagian atas tabung reaksi di buang. Endapan bakter yang diperoleh disuspensikan dalam 10 ml phosphate buffered saline (PBS) steril pH = 7,8 kemudian dilakukan penentuan jumlah bakteri yang diperoleh secara spektrofotometrik (λ = 620 nm. Transmitan 10%) dan didapat jumlah bakteri setara dengan 109 sel/ml.

d. Dengambilan makrofag dari peritoneum mencit(6,7)

Mencit dieuthanasia dengan menggunakan eter (dimasukan kedalam toples yang berisi kapas yang telah dibasahi eter), diletakan pada papan bedah, dibersihkan bagian perut dengan etanol 70% dan bedah bagian perut dengan menggunakan alat bedah steril, jika ditemukan cairan peritoneum dalam jumlah sedikit pada perut ditambahkan larutan phosphate buffered saline (PBS) steril sebanyak 1-2 ml, aduk dengan hati-hati kemudian diambil cairan peritoneum sel makrofag dengan bantuan mikropipet. Disetarakan jumlah sel makrofag dengan alat hemositometer, hingga didapatkan populasi makrofag 107 sel makrofag /ml.

e. Uji viabilitas

Uji viabilitas makrofag dihitung dengan menggunakan hemositometer. Dihitung jumlah sel makrofag yang hidup (terwarnai) dan jumlah sel makrofag yang mati (terwarnai) dalam daerah 1-4. pewarnaan menggunakan larutan biru tripan. Persen viabilitas dapat dihitung dengan menggunakan (1)

f. Pengujian fagositosis dan pewarnaan giemsa (8,9)

1) Suspensi bakteri uji Staphylococcus epidermis 109 sel/ml 200 µl, makrofag peritoneum mencit 107 sel/ml sebanyak 200 µl dan ekstrak uji 200 µl dengan konsentrasi yang berbeda yaitu 0,1, 1, 100, 1000 ppm. Inkubasikan selama 30 menit dalam suhu 370 C, ditambahkan 50 µl larutan EDTA 0,2 M.

2) Sebagai kontrol positif digunakan suspensi bakteri uji Staphylococcus epidermis 109 sel/ml 200 µl, makrofag peritoneum mencit, 107 sel/ml 200 µl dan obat imunomodulator sebanyak 200 µl. sdangkan control negatif digunakan suspensi bakteri uji staphylococcus epidermis 109 sel/ml sebanyak 200 µl, makrofag peritoneum mencit 107 sel/ml sebanyak 200 µl tanpa pemberian ekstrak uji.

3) Buat preparat ulas kemudian fikasasi dengan metanol, biarkan selama 5 menit dan dibuang kelebihan metanol.

4) Warnai dengan mencelupkannya kedaalm larutan pewarna Giemsa 10% Amati hasil dibawah mikroskop cahaya. Dihitung aktivitas dan kapasitas fagositosis makrofag.

g. Penetapan nilai aktivitas dan kapasitas fagositosis (6)

1) Nilai aktivitas fagositosis menurut jumlah sel PMN dan sel makrofag yang secara aktif melakukan proses fagositosis dalam 100 sel dengan banyaknya sel makrofag yang dinyatakan dalam persen.

2) Nilai kapasitas fagositosis

Nilai kapasitas fagositosis adalah jumlah bakteri yang difagosit oleh 50 makrofag.

h. Uji efek sinergis

1) uji potensiasi ektrak daun sirih (Piper betle)

2) uji potensiasi ekstrak gambir (Uncaria gambir)

3) uji efek sinergis kombinasi antara ekstrak daun sirih (Piper betle) dan gambir (Uncaria gambir)


E. Teknik Analisa Data

Hasil uji fagositosis dan pewarnaan giemsa dihitung nilai aktivitas dan kapasitas fagositisis makrofag, yaitu :

1. Nilai aktivitas fagositosis

Nilai aktivitas fagositosis menurut jumlah sel makrofag yang secara aktif melakukan proses fagositosis dalam 100 sel dengan banyaknya sel makrofag yang dinyatakan dalam persen.

2. Nilai kapasitas fagositosis

Nilai kapasitas fagositosi adalah jumlah bakteri yang difagosit oleh 50 makrofag.

Data-data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan program pengolahan data statistik SPSS 12. pada analisa data ini ditentukan terlebih dahulu homogennitas sample dan normalitas data dari setiap variabel dan dilanjutkan dengan uji parametik anova satu arah dengan taraf signifikansi 95% apabila terdapat perbedaan yang bermakna maka dilanjutkan dengan uji membandingkan antar kelompok.(3)

Hipotesis :

H0 : tidak ada perbedaan yang bermakna antara tiap kelompok perlakuan

Ha : terdapat perbedaan yang bermakna antara tiap kelompok perlakuan

Criteria pengujian :

Bila nilai sig <>

Bila nilai sig > 0,05 H0 diterima, berarti tidak terdapat perbedaan

Read More..